Tantangan #2 (TO2) -Eksploasi Klub OASE

Tantangan kedua kali ini bertema tentang 'Kemampuan'. Aku harus membayangkan tentang sebuah ekspedisi riset bersama teman-teman selama 5-7 hari ke daerah yang tidak dikenal. Setelah kembali dari ekspedisi aku akan mengolah hasil riset dan menjadikannya bermanfaat. Tugasku adalah melakukan brainstorming secara pribadi apa saja kemampuanku yang diperlukan untuk melakukan perjalanan itu.

Aku mulai mengerjakan tantangan ini dengan berdiskusi dengan Ayah dan Bunda. Aku juga tahu dari melihat kamnus KBBI. 

kemampuan/ke·mam·pu·an/ n 1 kesanggupan; kecakapan; kekuatan: kita berusaha dengan - diri sendiri; 2 kekayaan: karena -nya sudah memadai, ia membeli sebuah rumah baru;- bahasa Ling kemampuan seseorang menggunakan bahasa yang memadai dilihat dari sistem bahasa; - berinteraksi Lingkemampuan seseorang untuk berinteraksi dalam suatu masyarakat bahasa, antara lain mencakupi sopan santun, memahami gi-liran dalam bercakap-cakap, dan mengakhiri percakapan; - komunikatif Ling kemampuan seseorang untuk mempergunakan bahasa yang secara sosial dapat diterima dan memadai; - verbal kemampuan potensial dalam bidang bahasa yang dapat diukur melalui pengetahuan kosakata, melengkapi kalimat, hubungan kata, dan wacana.

Setelah berdiskusi. aku mulai mengerjakan. Daftar kemampuan yang aku buat ada 20 kemampuan.





Setelah menuliskan 20 kemampuan, aku memilih lagi menjadi 10 kemampuan dengan cara menghilangkan kemampuan yang mirip atau sama. 





Setelah mengumpulkan 10 kemampuan aku mencocokkan dengan Dasa Dharma Pramuka dengan cara mencarinya di google search.
 
Lalu setelah itu aku mengelompokkan kategori yang sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka diatas.


Akhirnya aku memberti checklist pada kemampuan yang sudah aku kuasai. Kemampuan yang aku kuasai:
1. Sopan
2. Bisa bekerjasama
3. Sabar
4. Bisa mengurus diri sendiri
5. Cuci piring
6. Menyapu
7. Memasak
8. Berani bertanya





Waktu mengerjakan ini bersama Ayah dan Bunda sekitar 2 hari. Aku banyak dibantu mengelompokkan kemampuan yang mirip. Proses menulis ke blog waktunya sangat sempit karena aku ada acara kemping selma 3 hari. Tapi akhirnya selesai juga. Disini aku jadi tahu kalo aku merasa masih sedikit belum bisa beradaptasi di tempat yang baru. Misalnya tidur ditempat yang tidak bersih, banyak nyamuk. Aku akan tidur dengan tidak nyaman. Aku juga masih sedikit bisa menjaga kesehatan. Misalnya aku masih suka lupa minum air putih dan tidur malam. 

Terima kasih,



Comments

Popular Posts