Day 5 - Exploring Bromo


Day 5 - Exploring Bromo

WAAAUUWWW Dingin sekaliii jam 02.00 pagiii. Hari ini kita akan ke Bromoooo Yeeeeaaay. Aku sudah siap siap dari kemarin malem untuk ke bromo liat sunrise. Aku di bangunin sama dhia jadi kaget pas bangun. Semua siap kita ke atas untuk ke mobil jeep, tapi kita udah tunggu Aruna dan Lintang tapi kok gak dateng dateng???. Dan ternyata mereka belum bangun. Jam 03.00 lebih dikit, Aruna dan Lintang sampai di titik berkumpul, kita berdoa untuk perjalanan dan langsung masuk ke jeep. Mobil nya itu Toyota Land Cruiser 4WD 1982, berangkat gelap dan kita tak bisa liat apa apa. Dan juga buanyak mobil jeep menuju ke bromo untuk melihat sunrise. Sampai di bukit cinta yang seharusnya kita parkir, tapi karena penuh buanget jadi kita jalan deh ke bukit cinta nya. Sampai sana aku bingung ‘ini kok rame banget mau ngapain kak??’ jawab ‘ini padamau liat sunrise’ . Yaoloh orang2 kesini Cuma buat liat sunrise sampe nyewa tikar, selimut, jaket. Aku pun juga kedinginan disana, suhu nya sampai 8 derajat celsius!!!!! Dingin bangeeeeeet. Aku selimutan pake sarung kesayangan, dhia juga ikutan biar anget hehehe. Sekitar jam 04.30 pagi, matahari sudah mulai muncul!!!!!! Semua orang yang disana sudah merapat kearah matahari dan mengluarkan gadget masing2 untuk mengambil gambar. Aku juga pengen ikut foto disana tapi karena udaranya duingin buanget, aku bangun ajah angin nya kenceng banget, ya jadi nya gak jadi. Selesai sunrise semua anggota tim akan melakukan tantangan dari kak jaladwara yang sudah di kasih dari kemarin. Tim ku ADA Bromo mengamati sampah di sekitar bukit cinta, apakah sedikit? TIDAK!!! Sampah nya banyak banget, dan sampah plastic semua. Aku seteam menanyakan tentang sampah ke pesewaan tikar, ibu nya menjawab ‘kalo sampah nanti saya pungut, trus di bawa ke ladang buat di bakar’. Jadi semua sampah yang ada di bukit cinta di ambil lalu di bakar di ladang ibu. Aku liat rata-rata sampah nya plastic semua, ada botol aqua, kaleng bir, dan plastic yang lain. Setelah dari Bukit Cinta, kita langsung naik jeep lagi untuk ke Hardtop. Sampai Hardtop kita langsung di sambut gunung Bromo. Kita kumpul sejenak untuk brifieng di tempat, lalu kita langsung cus ke kawah bromo. Perjalanan menuju ke kewah bromo kita sampai di pura luhur poten bromo, kita melihat pedagang lagi berdagang di depan pura dan aku juga melihat spanduk di depan pura *TIDAK BOLEH BERJUALAN DI DEPAN PURA* aku pun tercengang. Lalu Aruna menanyakan salah satu perdagang ‘pak emng boleh ya berdagang di depan pura??’ Bapak nya menjawab ‘ boleh deh asal tidak depan pintu gerbang’ K Sama ajah kaleeee pak ckckckkc. Kita pun jalan lagi kea rah kawah bromo, tapi “kok macet banget” jadi yang lain memustus kan naik apa tidak. Semua sepakat untuk tidak naik ke Kawah bromo (yaaah padahal mau sih tapi macet). Panas panas di Bromo, akhir nya kita makan bakso campur sapi 300 wkwkwk. Makan sambil istirahat bakso jumbo yang harga nya 15.000, abis makan kita berangkat lagi ke Savana bukit Teletubies. Waaah aku seneng banget karena ini destinasi yang aku paling tunggu2. Sampai sana aku turun dan………. Tidak sesuai ekspektasi!!!! Rumput nya keriinng dan yang dibilang bukit teletubies itu Cuma bukit kecil dan agak garing jadi nya.  Ya akhir nya aku mulai bosen disana karena tidak ada apa.

Sampah plastic berserakan di Savana Bukit Teletubbies

15 menitan kita langsung pulang melewati pasir berbisik. Sampai di desa Ngandirejo lagi jam 11.00 sampe jam 14.00 kita beristirahat dan makan siang. Jam 14.00 kita ke rumah bu Ika untuk refleksi tentang perjalanan ke Bromo, lalu jam 16.00 kita kerumah narasumber untuk tema eksplorasi. Tapi kita sudah mendatangi 3 rumah dan orang nya tidak ada semua, dan jadi kita pulang kerumah masing2, lalu masuk ke kamar dan tidur……. zzzzzzzz. jam 18.50 banguunn tidur dan rasa nya enaak udah gak capek lagi. Lalu kita jalan menuju ke rumah bu ika lagi untuk nge logbook dan refleksi sampe jam 10. Pulang untuk beristirahat karena besok siap siap untuk ke pasar, dan serumah ngebrol sampe jam 12. BERSAMBUNG
              

Comments

Popular Posts